Mengapa Daun Musim Gugur Berubah Warna ?

Assalamualaikum teman, kali ini saya akan share mengenai Mengapa daun berubah warna dimusim gugur ?

Anda tentu pernah mengamati warna daun musim gugur. Warna daun yang berubah dimusim gugur sangat menarik perhatian saya. Apakah Anda pernah bertanya-tanya bagaimana dan mengapa daun yang jatuh (gugur) tersebut berubah warna? Mengapa daun pohon maple berubah menjadi merah cerah? Darimana warna kuning dan oranye berasal? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pertama-tama kita harus memahami apa daun dan apa yang mereka lakukan.
Daun adalah pabrik makanan alami. Tanaman mengambil air dari tanah melalui akar mereka. Mereka mengambil gas yang disebut karbon dioksida dari udara. Tanaman menggunakan sinar matahari untuk mengubah air dan karbon dioksida menjadi oksigen dan glukosa. Oksigen adalah gas di udara yang kita butuhkan untuk bernapas. Glukosa adalah semacam gula. Tanaman menggunakan glukosa untuk energi dan sebagai bahan untuk pertumbuhan. Cara tanaman mengubah air dan karbon dioksida menjadi oksigen dan glukosa disebut fotosintesis. Fotosintesis sangat membutuhkan bantuan sinar matahari (Ingatlah istilah Foto). Sebuah bahan kimia yang disebut klorofil membantu berlangsunya fotosintesis. Klorofil adalah zat yang menyebabkan daun berwarna hijau (sering disebut zat hijau daun).

Saat musim panas berakhir dan musim gugur datang, hari-hari mengalami waktu siang yang lebih pendek pendek dan pendek. Ini adalah cara pohon-pohon "tahu" untuk mulai bersiap-siap menghadapi musim dingin.

Selama musim dingin, tidak terdapat cukup cahaya dan air untuk melangsungkan fotosintesis. Pohon-pohon akan beristirahat, dan hidup dari makanan yang mereka disimpan selama musim panas. Mereka mulai menutup "Pabrik Makanan Alami" mereka. Saat itu klorofil akan menghilang dari daun yang diikuti memudarnya warna hijau pada daun, kita mulai melihat warna kuning dan oranye. Sebenarnya warna kuning dan oranye telah ada dalam jumlah kecil pada daun selama ini. Kita hanya tidak dapat melihatnya di musim panas, karena mereka ditutupi oleh klorofil hijau.

Warna merah cerah dan ungu yang kita lihat pada daun dibuat (terutama) di musim gugur. Di beberapa pohon, seperti maple, glukosa terjebak dalam daun setelah berhenti fotosintesis. Sinar matahari dan malam-malam dingin pada musim gugur menyebabkan daun mengubah glukosa ini menjadi warna merah. Warna coklat pohon seperti pohon oak terbuat dari limbah yang tersisa di daun.


Demikian tadi adalah kombinasi dari semua hal yang membuat warna dedaunan musim gugur menjadi indah dan bisa kita nikmati setiap tahun.

Bagaimana teman? sudah mengerti prosesnya ? atau semakin bingung ? :D

Regards,

Berlangganan Artikel Referensi Kita

Masukkan alamat email Anda:

Related Post:

+ comments +1comments

8/4/18 09:48

Terima Kasih ya Gan, Artikel yang sangat Bagus dan Bermanfaat.. Update terus dan sukses selalu ya Gan

Kumpulan Situs Poker

Situs Domino99

Berita Terkini

Cerita Dewasa

Situs Judi Online

Kumpulan Film Semi

Agen BandarQ Terbaik

ENJOYDOMINO.COM AGEN BANDARQ, DOMINO99, DOMINOQQ, POKER ONLINE, BANDARQ ONLINE TERPERCAYA

Terimakasih Paulina Rensia atas Komentarnya di Mengapa Daun Musim Gugur Berubah Warna ?

Post a Comment